Sejarah Kereta Angkutan Peti Kemas

Sejarah kereta angkutan peti kemas sendiri dimulai sekitar tahun 1985. Pada masa itu gerbong peti kemas masih dirangkaikan dengan rangkaian kereta barang reguler.

Sekitar tahun 1987 dimulai angkutan peti kemas dengan SKAB (Sistem Kereta Api Blok), dengan relasi Tanjungpriuk Gudang (TPKG) – Gedebage (GDB) dan Jakarta Gudang (JAKG) – Surabaya Pasarturi (SBI). Khusus relasi JAKG-SBI diberi nama Kurs Antaboga.

Kurs Antaboga Jakarta Gudang - Surabaya Pasarturi

Pada tahun 2000 mulai dibuka angkutan peti kemas relasi Tonjongbaru (TOJB) – Kalimas (KLM). Namun karena pada masa itu pelabuhan Banten masih sepi, akhirnya dipotong sehingga menjadi Tanjungpriuk Gudang (TPKG) – Kalimas (KLM) saja. Saat itu kereta angkutan peti kemas bisa masuk ke pelabuhan, namun kemudian berhenti hanya sampai Pasoso.

Disamping angkutan peti kemas reguler, pernah juga ada angkutan peti kemas temporer dari Kalimas (KLM) – Rambipuji (RBP) dan Solo Jebres (SK) – Semarang Gudang (SMG).

(Narasumber Pak Dhe Lutfi di Milist Keretapi)

0 Responses to “Sejarah Kereta Angkutan Peti Kemas”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: